Kamis, 22 Oktober 2015

perkembangan wireless dari awal hingga sekarang

Perkembangan Teknologi Wireless





Evolution of the G


Pengahuluan
Pada awal penggunaannya media wireless yang hanya melayani komunikasi suara saja dan dengan jangkauan jaringan yang tebatas melalui jaringan gelombang radio (radiotelephone). dengan berbagai perkembangan beberapa generasi dari teknologi nirkabel atau wireless ini, kini penggunaan wireless tidak hanya dapat melayani komunikasi saura saja, akan tetapi data dan multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja dengan kecepatan data lebih cepat dan baik lagi tentunya.
Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang generasi teknologi wireless sebelum 3G ayng terdiri dari 1G,2G dan 2.5G, teknologi 3G sendiri , dan pengembangan teknologi 3G yang terdirir dari teknologi 3.5G dan sekilas tentang 4G
 
Sejarah awal wirelees
Diciptakan pada tahun 1895 wireless pertama menggunakan 
prototype telegraf radio pertama di dunia, guglielmo marconin 
yang mencetuskan prototype telegraf radio pertama
 di dunia pada 13 may 1987 yang menjadi keberhasilan
 titk awal dari wireless.
2.       1. Teknologi Generasi pertama 1G
Generasi pertama ini menggunakan teknik komunikasi yang di sebut Frequency Divicion Multiple Access (FDMA).Teknologi ini awalnya ditemukan ketika  AMPS (Analog Mobile Phone System) atau IS-136 di amerika serikat. Teknologi yang dikembangkan oleh bell labs sekitar tahun 1970-an, yang pertama kali di perkenalkan di new jersey dan chichago pada tahun 1978 dan di komersialkan di amerika serikat pada tahun 1983 sampai tahun 2000, dengan frekuensi 800 MHz FM band. Cara kerjanya pun hampir sama dengan IMTS (0G).
Yang termaksud teknologi  ini adalah NMT (Nordic Mobile Phone System), di negara-negara skavandia sperti denmark, norwegia,  swedia dan sebagian di asia. Berkembang sekitar tahun 1980-an yang terdiri dari NMT450 ( Nordic Mobile Telephone/450) yang dikembangkan oleh ericsson dan nokia yang beroperasi pada 450 MHz dengan FDD (frequency divison duplex) .
Kemampuan teknologi 1G
teknologi 1G hanya dapat melayanni komunikasi suara saja tidak dapat melayani komunikasi data dalam kecepatan tinggi dan besar.
Kelemahan teknologi 1G
1.       Kapasitas trafik kecil akibat banyaknya pengguna pada generasi pertama.
2.       Jumlah pelanggan yang di tampung dalam satu sel sedikit
3.       Penggunaan spektrum frekuensi yang boros karena satu pengguna mengguanakan satu buah kanal frekuensi.
3.       2. Teknologi Generasi kedua (2G)
Pada generasi kedua ini sistem krja wireless sudah menggunakan digital dengan menggunakan mekasime Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiole Access (CDMA)
Teknologi 2G berbasis TDMA antara lain:
·         Digital AMPS atau IS-54 atau IS-136 (D-AMPS) di sebut juga TDMA yang beroperasi pada frekuensi 800 MHz (824-894 and 869-894 MHz) .
·         GSM (Global system For Mobile Communcations) di eropa dan asia. Teknologi selular yan bersifat digital dengan memeanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang di bagi berdasar waktu
Teknologi berbasis CDMA antara lain:
·         CDMAone atau interim standart 95 (IS-95) atau TIA-EIA-95. CDMA mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses bersama ini, seperti yang di prakarsai oleh Qualcomm. Pertama kali CDMA di gunakan segbagai teknologi perang, pada prang dunia II oleh sekutu inggris untuk menggagalkan usaha jerman mengganngu transmisi mereka. Sekutu memutuskan mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi yang menyulitkan jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap.
Keuntungan CDMA
1.       Tidak membutuhkan penghitungan waktu
2.       Hanya membutuhkan satu frekuensi yang dibutuhkan beberapa sektor/cell tidak membutuhkan equlizer untuk mengtasi gangguan spektrum sinya
Kemampuan teknologi 2G
Pada generasi kedua selain suara juga dapat menggunakan fitur sms (Short Message Service) adalah layanan dua arah untuk mengirirm pesan pendek sebanayak 160 karakter, voice mail, call waiting, dan transfer data dengan kecepatan 9.600 bps.
Kelemahan teknologi 2G
Kecepatan transfer data masih rendah. Tidak efisien untuk trafik rendah.
3.     Teknologi generasi dua setengah (2.5G)
Teknologi ini merupakan tingkatan dari generasi ke dua 2G terurtama dalam platform dasar GSM telah mengalami penyempurnaan.
Teknologi 2.5G anatara lain:
1.       GPRS (General Packet Radio Services)
GPRS merupakan teknologi overlay untk jaringan GSM untuk menangani komunikasi data pada jaringan. Kecepatan transfer GPRS dapat mencapai 160 kbps dengan beberapa fitur unggulannaya antara lain(allways online, An upgrade dan An integral part of EDGE and WCDMA)
Kelebihan atau manfaat teknologi ini adalah
a.       Client-sercer services yang memungkinkan pengakses data yang tersimpan dalam suatu basis data.
b.      Messaging services
c.       Real-time conversational services yang memberikan layanan komunikasi dua arah.
4.    Teknologi Generasi ketiga (3G)
Teknologi generasi ketiga ini merupakan teknologi yang sudah mengalami penigkatan dengan mempuyai kecepatan tranfer data sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100km/jam, 384 kbps pada kecepatan berjalan kaki, dan 2 mbps untuk user diam.
Teknologi 3G antara lain:
1.    EDGE (Enhanced Data Rates for Global/GSM Evolution) atau E-GPRS (Enhanced-General Packet Radio services). Di implementasikan pada GSM pada tahun 2003 dengan kecepatan 236.8 kbit/s dengan 4 timeslot dan 473.6 kbit/s dengan 8 timeslot.
2.    W-CDMA (Wideband-Coded Division Multiple Access) atau UMTS (Universal Mobile telecommunication Sytem)
Kelebihan 3G dari generasi-generasi sebelumnya:
1.    Kualitas suara yang baik
2.    Keamanan
3.    Keepatan mencapai 2 mbps for local/indoor/slow-moving
4.    Support koneksi secara simultan, contoh browse internet bersamaan dengan melakukan call(telepon) ke tujuan berbeda
5.    Roaming nasional dan internasional     
  
1.    Teknologi generasi tiga setengah (3.5G)
Teknologi 3.5 atau biasa di sebut super 3.G yang merupakan penigkatan dari 3G dengan kecepatan transfer data lebih dari 2 Mbps.
Yang termaskud teknologi ini adalah:
1.       HSDPA (High speed Downlink Packet Access)
HSDPA mampu mentransmisikan data berkecepatan tinggi mencapai 14 Mbit/s dan di   lingkungan   perumahan   dapat   melakukan  download  data berkecepatan   3,7   Mbps
2.       Wireless Broadband (WiBro)
Winbro mampu men-deliver data sebesar 50 Mbps ysng mengungguli kecepatan transfer data HSPDA yang hanya 14 Mbps.
5.       Teknologi Generasi keEmpat (4G)
Fourth Generation adalah penerus 3G yang memiliki ransfer data yang lebih baik 4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah “3G and beyond”. mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi
Itulah sedikit Artikel dari saya tentang perkembangan teknologi wireless dari generasi awal hingga saat ini, semoga bermanfaat....!!!
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar